Diam Itu Emas, Seringkali (Kata Pak Poespo)

1 06 2012

Ini tulisan dari Bung Jojo Raharjo di FB wallnya. Saya copas di sini karena isinya bagus bagi saya, dan mengingatkan saya untuk menjadi seperti itu. Meski – kritik saya – hal yang dikontrakan di sini bisa juga menjadi baik. Misalnya pelawak ya tetap perlu karena fungsinya untuk menghibur. Meski ada juga lawakan badut, lawakan bacot, dan lawakan intelek. Inilah tulisan Bung Jojo itu…..

Wisdom of the day: Orang yang banyak cakap, suka teriak-teriak, biasanya dia sedang menutupi kelemahan besar termasuk rasa kurng percaya dirinya. Ciri orang kurang percaya diri itu dua: diam sekali, atau justru cerewet/ aktif/ ribut sekali. Manusia tidak sadar mengalihkan isu kelemahannya.

Bagaimana kita bisa membedakan orang yang pendiam banget itu kurang percaya diri atau memang irit berbicara? Ajak ngobrol, ambil isi kepalanya. Kalau ada teman suka teriak-teriak, nyanyi-nyanyi kencang, nendang-nendang nggak jelas, atau bersosial media gak jelas, itu sudah jelas: menutupi kelemahannya.

Kadang pepatah lama “ilmu padi, makin berisi makin merunduk” ada benarnya. Begitu pula ungkapan “tong kosong nyaring bunyinya. Kalau sebuah tong ada airnya, taruhlah lebih dari separuh, ia tak akan berbunyi saat dipukul. Begitu pula manusia. Banyak cakap=gak ada isi. Sesungguhnya yang menentukan kita itu berisi bukan kalau kita banyak cakap, tapi pada kualitas cakap kita. Karakter. Juga hasil kerja nyata. Jadi waspadailah orang-orang yang suka berteriak kencang di dekat Anda. Orang jawa bilang “Nul puthul arek itu!” Bekerja itu dengan karya.

Kalau disuruh memilih: jadi intelijen yang tak banyak cakap atau jadi pelawak yang mengobral bacot, saya milih yang pertama. Cool tapi berisi. Sang Kuasa menciptakan dua telinga dan satu mulut jelas maknanya: jangan banyak bacot dalam hidupmu. Perbanyaklah mendengar dan berkarya nyata.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: