Apakah kepribadian itu bisa diubah ?

8 02 2012

Bukan tidak bisa diubah, tapi cenderung lebih sulit diubah. Lalu, makin berumur biasanya kepribadian (dan karakter) makin mengakar dan makin sulit diubah.

Setiap jenis kepribadian/karakter punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Kamu belum melihat kelebihan dari karakter melankolis.

Pertama kamu harus bisa menerima karakter dirimu sendiri. Sejauh kamu masih berperang dengan dirimu sendiri dan menilai dirimu buruk dan tidak menyukai dirimu sendiri, kamu tidak akan bisa berkembang.

Lalu, setelah kamu melihat kelebihan dari karakter melankolis,kamu bisa menggunakannya untuk kebaikan. Kamu bisa mengimplementasikannya dalam kehiudan sosial atau pekerjaan kamu.

Kalau lingkungan kita cenderung menuntut untuk – misalnya – menjadi Sanguin, lama-kalamaan kamu akan tampak sebagai Sanguin, meski sebenarnya kamu tetap sebagai orang yang melankolis.

Yang paling sempurna, kamu harus bisa menguasai semua tipe-tipe karakter, dan berperan berbeda sesuai tuntutannya. Dalam lingkungan tertentu, kita dituntut untuk bisa menjadi kolerik. Tapi di tempat lain kita harus lebih flegmatik.

So, berdamailah dengan dirimu, dan jadilah dirimu sendiri. Ketahui, pahami, dan gunakan kekuatan yang ada dalam tipe melankolis, dan pelajari tipe lainnya agar kamu bisa menjadi manusia yang sempurna (kolerik, sanguin, flegmatik).

Silakan search dengan kata kunci TIPE KEPRIBADIAN. Kamu akan banyak mengetahui kelebihan dan kekurangan dari 4 tipe itu. Jangan lupa, ada banyak tipe selain 4 di atas. Ada dari MBTI, ada DISC, dan lainnya.

Be happy and proud karena kamu seorang melankolik 🙂

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: